Laman

S E L A M A T D A T A N G

*******************************************************************************************************************
" disini tempatnya semua orang yang mau berbagi pengalaman "

*******************************************************************************************************************
AsetBCA.com

click here!

Pasang Banner Disini

Pengalaman Sukses Dua Kampiun Bisnis Franchise

Frank Carney dan John T. Hewitt bukan cuma sekali, tetapi masing-masing dua kali, mencetak sukses di bisnis waralaba. Inilah kiat sukses mereka.
Frank Carney mungkin bukan nama yang kelewat beken. Bahkan di Amerika Serikat, negeri asalnya, nama Carney tak bunyi di telinga orang kebanyakan. Kendati demikian, kalau kita menyebut Pizza Hut, hampir bisa dipastikan orang dari segala penjuru dunia langsung tahu.

Padahal, berkat Frank (bersama kakaknya Dan) Carney itulah dunia dapat menikmati lezatnya piza dengan roti tebal yang empuk. Ya, mereka berdualah yang, dengan modal pinjaman US$ 600 dari keluarga, pada 1958 mendirikan Pizza Hut di Wichita, Kansas. Pondok piza Carney Bersaudara ini begitu sukses sehingga hanya dalam tempo 10 tahun jaringan gerainya sudah menggelembung jadi 310, bahkan melebarkan sayapnya ke seberang perbatasan: Kanada.

Pada 1969, Pizza Hut Inc. meluncurkan sahamnya ke pasar modal. Dengan masa depan Pizza Hut yang sudah pasti, Dan mempersiapkan pengunduran dirinya. Pada 1973, dia menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada adiknya, Frank. “Saya tidak mau menghabiskan 18 jam sehari buat mengemudikan jalannya perusahaan. Untungnya, Frank punya semangat untuk itu,” ujar Dan.

Ketika masih dipegang Dan, 1971, Pizza Hut yang telah memiliki otot finansial yang kuat berkat suntikan dana masyarakat sudah berhasil mengibarkan diri sebagai resto piza terbesar di dunia, baik dari nilai penjualan maupun jumlah gerai. Perkembangan luar biasa inilah yang membuat PepsiCo tergiur. Merogoh dana US$ 300 juta, raksasa industri makanan ini mencaplok kampiun industri piza yang waktu itu, 1977, telah menggurita dengan 3.400 gerai di beberapa negara.

Frank (juga Dan) untuk beberapa lama duduk sebagai anggota direksi perusahaan yang mereka dirikan itu, tetapi kemudian keluar untuk jadi venture capitalist. Dan keluar lebih dulu, disusul Frank setelah membantu membidani Pan Pizza -- menu tersukses dalam sejarah Pizza Hut.

Pada awal 1980-an itu, Frank berhasil melipatgandakan kekayaannya. Bisnis modal ventura lelaki yang gemar olah raga berbahaya ini -- mengendarai Porsche 911, Frank menjuarai lomba ketahanan mobil 24 j am Daytona untuk kelasnya dan peringkat ke-4 secara keseluruhan, pada 1977 -- berkembang ke berbagai sektor, termasuk resor ski dan bukan hanya resto.

Namun, memasuki 1989, tiba-tiba Frank kehilangan sentuhan Midas-nya. Investasinya jatuh satu demi satu. Pada 1993, uang yang tadinya jutaan dolar menguap tanpa sisa. “Tak pernah terpikir usaha saya bisa bangkrut begitu,” kata Frank mengenang bertahun-tahun kemudian.

Bagian yang paling buruk dari kebangkrutan tersebut, masih menurut Frank, adalah istrinya terpaksa makan makanan seadanya. “Kalau itu salah dia, saya sih oke saja makan roti basi bersama. Tapi itu salah saya, saya yang bikin dia makan makanan seperti itu.”

Dalam keadaan yang serba sulit, pada 1994 Frank ditelepon Martin Hart, mantan direksi Pizza Hut yang jadi franchisee Papa John’s Pizza di Houston, Texas. Hart membujuk Frank mengunjungi gerai Papa John’s. “It’s your kind of chain,” ujar teman lamanya itu. “Tumbuh cepat dan fokus pada kualitas.”

Ketika akhirnya menyaksikan sendiri gerai Papa John’s, Frank sang pendiri Pizza Hut mengerti maksud Hart. “Saya langsung memutuskan jadi franchisee.” Itu keputusan yang gampang. Maklum, dia sangat paham bisnis piza. Bagian yang sulit adalah mengatakan kepada sang istri bahwa menggadaikan rumah buat memulai bisnis yang satu itu merupakan satu-satunya pilihan.

“Kalau kita dalam posisi seperti itu, kita harus bisa mengubah gaya hidup,” ujarnya. “Saya beruntung, ketika menyampaikan apa yang harus saya lakukan, istri saya langsung setuju, ‘OK, let’s go’, katanya.”

Ditulis oleh Prih Sarnianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk kawan - kawan, berikan komentar & pengalamannya di sini ya, semoga bermanfaat :

Ditemukan Cara Agar Uang Bekerja untuk Anda..!!!

DENGAN MENANAMKAN INVESTASI ANDA UNTUK MENDAPATKAN PULUHAN JUTA RUPIAH DENGAN MODAL INVESTASI SENILAI DENGAN 1 KALI UANG MAKAN SIANG ANDA Ini merupakan program yang sedang TERLARIS! segera anda bergabung, sebelum anda merugi dikarenakan bisnis lain bisa menarik jutaan rupiah uang anda, semakin cepat anda bergabung semakin besar keuntungan anda. Ketika semua itu Anda jalankan, maka saat itulah Uang akan Bekerja untuk Anda 24 Jam Nonstop. Kunjungi website

Mau Beramal dengan Hasil Usaha Sendiri,??

Di sini Jawabannya.. Usaha Halal, Hasil Halal, Dari Kita, Oleh Kita & Untuk Kita.. modal cuma Rp.12.000,- HASILNYA...!!! PULUHAN Sampai RATUSAN JUTA bro..!! Anda Tidak PERCAYA,?? WAJAR, Karena Anda BELUM Mencoba SILAHKAN Bergabung.. KESEMPATAN Masih ada.. Kunjungi Website

Bisnis Gratisan Untung Jutaan

BISNIS GRATIS TANPA MODAL YANG AKAN MENDATANGKAN PASIF INCOME HINGGA RATUSAN JUTA RUPIAH LANGSUNG KE REKENING ANDA TANPA HARUS MEMBAYAR APAPUN. Kunjungi Website

Daftar isi Blog